Mengaplikasikan game quizizz dalam evaluasi pembelajaran siswa SDN Tembelang 02
DOI:
https://doi.org/10.33772/japimas.v1i2.9Keywords:
Evaluasi, game quizizz, evaluasi pembelajaranAbstract
Suatu komponen yang sangat penting dan ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan dalam proses pembelajarannya disebut dengan evaluasi. Evaluasi pembelajaran adalah suatu kegiatan yang selalu dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Mengaplikasikan game quizizz pada proses evaluasi pembelajaran merupakan sebuah inovasi yang sangat menarik. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan di SDN Tembelang 02 dengan menggunkan metode observasi, diskusi, sosialisasi dan praktek. Dengan mengaplikasin Game Quizizz dalam kegiatan evaluasi pembelajaran terutama pada penggunaan teknik tes, dapat mengubah mindset, cara pandang peserta didik terhadap kegiatan- kegiatan yang dilakukan dalam proses evaluasi, sehingga peserta didik tidak menganggap kegiatan evaluasi adalah kegiatan yang menegangkan dan memudahkan guru sebagai evaluator dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. setelah dilaksanakannya kegiatan mengaplikasikan game quizizz dalam evaluasi pembelajaran siswa, peserta didik sangat antusias dengan kegiatan evaluasi menggunakan aplikasi game quizizz ini, selain sifatnya yang kompetisi mengaplikan game quizizz juga media pembelajaran yang efektif karena dapat merangsang komponen visual dan verbal pada peserta didik.
Downloads
References
Dibia, I. K., Renda, N. T., Yudiana, K., Artaningsih, L., & Wiradnyana, I. G. A. (2021). Pelatihan Aplikasi Quizizz Bagi Guru Untuk Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa Secara Daring. SEPAKAT: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/504
Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas. Jurnal Pendidikan, 10(1), 89–102. http://www.journal.staihubbulwathan.id
Ginting, J. M., Mahfudin, R. K., Yong, V., Aflizar, M., & ... (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Kahoot Serta Penyuluhan Vaksinasi Covid-19. National Conference, 3(1), 312–316. https://journal.uib.ac.id/index.php/ nacospro/article /view/5950
lamsari purba, leony sanga. (2019). Peningkatan konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291–296. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417
Nurpratiwiningsih, L., & Kurniawan, P. Y. (2021). Development of Interactive Learning Media in Basic Ips Concept Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 10 Nom. 10, 194–201.
Saputri, T., Hamdani, B., Pujo, E., Shodiq, M., & Muzayyanah, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Quizizz Sebagai Alat Penilaian Online Untuk Menganalisis Kemampuan Grammar Bahasa Inggris sehingga aplikasi tersebut dapat membantu pendidik untuk mengetahui kemampuan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 540–554
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alif Lifia Ade Pertiwi, Laelia Nurpratiwiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.