Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) di MTs Ar Raudhah Kereng Pangi Kabupaten Katingan
DOI:
https://doi.org/10.33772/japimas.v4i1.78Keywords:
Implementasi, kurikulum merdeka, komunitasAbstract
Perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka menjadi sebuah keharusan bagi sekolah atau madrasah, termasuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar Raudhah Kereng Pangi untuk menyesuaikan sistem pendidikan dan pembelajaran di satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka tidak serta-merta diserahkan kepada sekolah atau madrasah tanpa adanya panduan maupun pendampingan. Salah satu upaya pendampingan kepada sekolah atau madrasah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah melalui. Komunitas yang dibangun terdiri dari kalangan akademisi atau dosen, widyaiswara, kepala seksi (KASI) Pendidikan Madrasah, pengawas madrasah, Kepala Madrasah, dan guru. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa pendampingan langsung ke MTs Ar Raudhah baik secara online maupun offline bersama anggota komunitas. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pendampingan ini berupa dokumen perangkat Implementasi Kurikulum Merdeka seperti Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), Modul Ajar, Modul P5RA, instrumen asesmen, pelaporan hasil belajar, dan lain sebagainya. Anggota komunitas secara aktif melakukan diskusi dan pembimbingan kepada madrasah untuk menyiapkan perangkat-perangkat yang diperlukan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka beserta dengan teknis implementasinya di madrasah. Anggota komunitas juga berpartisipasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun kokurikuler. Komunitas melaksanakan lesson study terkait pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas. Komunitas juga berpartisipasi langsung dalam kegiatan P5RA di madrasah. Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas ini, diharapkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah dapat meningkat ke arah yang lebih baik.
Downloads
References
Anas, Ibad, A. Z., Anam, N. K., & Hariwahyuni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(1), 99–116.
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran.
Aprilia, R., Puspita, T. N. Dela, & Angelina, N. D. (2023). Implementasi Penerapan Dua Kurikulum Di Sdn Sidotopo Wetan I Surabaya. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769
Febriani, R., Sya, M. F., & Mulyanti, E. (2024). Analisis Efektivitas Program Pembelajaran Bahasa Berbasis Komunitas. Karimah Tauhid, 3(7), 8081–8089.
Hikmah, N., & Sulistyowati, S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 5 Menteng Kota Palangka Raya. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 54–59.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Luthfiyyah, R. Z., Amelia, S., Maulidawanti, D., & Fauziyah, N. N. (2023). Peningkatan Karakter Anak Bangsa Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Program Profil Pelajar Pancasila. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2729–2742.
Mahmudah, I. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(2), 727–732. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jamsi.734
Marisa, M., Ramadan, Z. H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Riau, U. I., Pekanbaru, K., & Riau, P. (2024). Analisis Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV SD Negeri 42 Pekanbaru. SAKOLA - Journal of Sains Cooperative Learning and Law, 1(2), 637–652.
Mazrur, M., Rizal, S. U., & Syabrina, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas 1 SD/MI Se Kalimantan Tengah. Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, 4(2), 141–160. https://doi.org/10.23971/muallimun.v4i2.8942
Mulyasa, H. . (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0WAlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=mulyasa:+menjadi+guru+penggerak+merdeka+ belajar&ots=QXxjaHblNe&sig=0le0jNxe7bFOzpZcOiJmWGhKYe4&redir_esc=y#v=onepage&q=mulya sa%3A%20menjadi%20guru%20penggerak%20merdeka%20belajar&f=false
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. JURNAL BASICEDU, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 369–377.
Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.
Sobri, M., Liani, A., Zuwiranti, A., Myati, T., Widiyati, R. N., Pendidikan, P., Madrasah, G., Negeri, U. I., & Bengkulu, F. S. (2023). Penerapan kurikulum merdeka sd/mi di indonesia. Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 26–34.
Syabrina, M., & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sd-It) Hasanka Boarding School …. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian …, 7(4), 665–674. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/21519/10428
Syahrani. (2024). Pendampingan Perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas Di MAN 1 Tabalong. Communnity Development Journal, 5(3), 4228–4235.
Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sulistyowati, Istiyati Mahmudah, Muhammad Syabrina, Rahmad, Setria Utama Rizal, Abdul Wahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.