Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) di MTs Ar Raudhah Kereng Pangi Kabupaten Katingan

Authors

  • Sulistyowati IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia
  • Istiyati Mahmudah IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia
  • Muhammad Syabrina IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia
  • Rahmad IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia
  • Setria Utama Rizal IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia
  • Abdul Wahid IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos, Menteng Kota Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33772/japimas.v4i1.78

Keywords:

Implementasi, kurikulum merdeka, komunitas

Abstract

Perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka menjadi sebuah keharusan bagi sekolah atau madrasah, termasuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar Raudhah Kereng Pangi untuk menyesuaikan sistem pendidikan dan pembelajaran di satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka tidak serta-merta diserahkan kepada sekolah atau madrasah tanpa adanya panduan maupun pendampingan. Salah satu upaya pendampingan kepada sekolah atau madrasah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah melalui. Komunitas yang dibangun terdiri dari kalangan akademisi atau dosen, widyaiswara, kepala seksi (KASI) Pendidikan Madrasah, pengawas madrasah, Kepala Madrasah, dan guru. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa pendampingan langsung ke MTs Ar Raudhah baik secara online maupun offline bersama anggota komunitas. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pendampingan ini berupa dokumen perangkat Implementasi Kurikulum Merdeka seperti Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), Modul Ajar, Modul P5RA, instrumen asesmen, pelaporan hasil belajar, dan lain sebagainya. Anggota komunitas secara aktif melakukan diskusi dan pembimbingan kepada madrasah untuk menyiapkan perangkat-perangkat yang diperlukan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka beserta dengan teknis implementasinya di madrasah. Anggota komunitas juga berpartisipasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun kokurikuler. Komunitas melaksanakan lesson study terkait pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas. Komunitas juga berpartisipasi langsung dalam kegiatan P5RA di madrasah. Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas ini, diharapkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah dapat meningkat ke arah yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Ibad, A. Z., Anam, N. K., & Hariwahyuni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(1), 99–116.

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran.

Aprilia, R., Puspita, T. N. Dela, & Angelina, N. D. (2023). Implementasi Penerapan Dua Kurikulum Di Sdn Sidotopo Wetan I Surabaya. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

Febriani, R., Sya, M. F., & Mulyanti, E. (2024). Analisis Efektivitas Program Pembelajaran Bahasa Berbasis Komunitas. Karimah Tauhid, 3(7), 8081–8089.

Hikmah, N., & Sulistyowati, S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 5 Menteng Kota Palangka Raya. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 54–59.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Luthfiyyah, R. Z., Amelia, S., Maulidawanti, D., & Fauziyah, N. N. (2023). Peningkatan Karakter Anak Bangsa Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Program Profil Pelajar Pancasila. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2729–2742.

Mahmudah, I. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(2), 727–732. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jamsi.734

Marisa, M., Ramadan, Z. H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Riau, U. I., Pekanbaru, K., & Riau, P. (2024). Analisis Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV SD Negeri 42 Pekanbaru. SAKOLA - Journal of Sains Cooperative Learning and Law, 1(2), 637–652.

Mazrur, M., Rizal, S. U., & Syabrina, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas 1 SD/MI Se Kalimantan Tengah. Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, 4(2), 141–160. https://doi.org/10.23971/muallimun.v4i2.8942

Mulyasa, H. . (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0WAlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=mulyasa:+menjadi+guru+penggerak+merdeka+ belajar&ots=QXxjaHblNe&sig=0le0jNxe7bFOzpZcOiJmWGhKYe4&redir_esc=y#v=onepage&q=mulya sa%3A%20menjadi%20guru%20penggerak%20merdeka%20belajar&f=false

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. JURNAL BASICEDU, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 369–377.

Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.

Sobri, M., Liani, A., Zuwiranti, A., Myati, T., Widiyati, R. N., Pendidikan, P., Madrasah, G., Negeri, U. I., & Bengkulu, F. S. (2023). Penerapan kurikulum merdeka sd/mi di indonesia. Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 26–34.

Syabrina, M., & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sd-It) Hasanka Boarding School …. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian …, 7(4), 665–674. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/21519/10428

Syahrani. (2024). Pendampingan Perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas Di MAN 1 Tabalong. Communnity Development Journal, 5(3), 4228–4235.

Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Sulistyowati, Mahmudah, I., Syabrina, M., Rahmad, Rizal, S. U., & Wahid, A. (2025). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) di MTs Ar Raudhah Kereng Pangi Kabupaten Katingan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 4(1), 16–21. https://doi.org/10.33772/japimas.v4i1.78