Penguatan Kelompok Usaha Bersama Kerajinan Tangan Melalui Peningkatan Kreatifitas Produk dan Akses Pemasaran

Authors

  • Viska Inda Variani Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muhammad Zamrun F Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Amadhan Takwir Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Irma Nurjannah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Fahmiati Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Darwin Ismail Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

KUB, kerajinan tangan, akses pemasaran, Desa Mekar

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kerajinan Tangan yang ada di Desa Mekar Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe merupakan salah satu usaha kelompok masyarakat yang dibentuk untuk mendukung destinasi tujuan wisata Pulau Bokori. Desa ini terletak di pesisir Konawe, berhadapan langsung dengan Pulau Bokori, merupakan salah satu desa penyangga tujuan wisata Kendari dan sekitarnya. Di desa ini telah terbentuk 2 KUB kerajinan tangan yang dinisiasi melalui program desa dan CSR PT. Sarana Multi Infrastruktur. Permasalahan yang ada adalah sejak pembentukannya, KUB ini belum bekerja secara optimal karena masih minim kreatifitas produk dan kendala pada aspek pemasaran. Program pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini diarahkan untuk memberikan penguatan pada aspek fasilitasi penyediaan bahan dan peralatan dasar yang dibutuhkan oleh KUB kerajinan tangan, penguatan inovasi produk dan pendampingan akses pemasaran secara online. Pada pelaksaannya, KUB ini telah mampu memproduksi berbagai varian produk kerajinan tangan yakni gantungan kunci, cermin, gelang, lampu hias, tempat tisu dengan memanfaatkan jenis-jenis limbah kerang dan berbagai produk yang menggunakan kain antara lain taplak meja, alas penutup kulkas, alas penutup galon, dan tirai. Anggota KUB juga telah dibekali dengan metode pemasaran dengan memanfaatkan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berliana, I., & Ompusunggu, D. P. (2023). Pemanfaatan E-Commerce Bagi UMKM pada Era Industri 4.0. Matriks Jurnal Sosial dan Sains, 5(1), 115-120. https://matriks.staiku.ac.id/index.php/jmt/article/view/520/223.

Diana, P., Suwena, I. K., & Wijaya, N. M. S. (2017). Peran dan Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mendukung Pariwisata di Desa Mas dan Desa Peliatan, Ubud. Jurnal Analisis Pariwisata ISSN, 1410, 3729. https://tinyurl.com/peranpengembangan.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39-45. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033.

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707-6714. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2133.

Irawan, Y. (2019). Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 7(1). https://ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/95.

Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191-200.

Kosasi, S. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dalam Memasarkan Mobil Bekas. Creative Information Technology Journal, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.24076/citec.2015v3i1.61.

Kumala, M., Soelistiyo, A., & Nuraini, I. (2017). Analisis potensi sektor pariwisata sebagai sektor unggulan di wilayah jawa timur. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(4), 474-481. https://doi.org/10.22219/jie.v1i4.6285.

Kristiyanti, M. (2012). Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah ilmiah informatika, 3(1), 63-89. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/59.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1-189. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1263813.

Salsabila, M. S., Wardana, M. A., & Sulasmini, N. M. A. (2024). Peran Industri Kerajinan Tangan dan Pengembangan Handicraft dalam Mendukung Pariwisata di Desa Mas (Studi Kasus di CV. Ari Bali). JODHA: Journal Development Hospitality and Tourism, 1(1), 1-8. https://ipbijournal.com/index.php/JODHA/article/view/3/2.

Sukriah, E. (2014). Pariwisata sebagai sektor unggulan kota Bandung. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 11(1), 65-74. https://doi.org/10.17509/jurel.v11i1.2904.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Variani, V. I., Zamrun F, M., Takwir, A., Nurjannah, I., Fahmiati, & Ismail, D. (2024). Penguatan Kelompok Usaha Bersama Kerajinan Tangan Melalui Peningkatan Kreatifitas Produk dan Akses Pemasaran . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 3(1), 39–44. Retrieved from https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/49