Pelatihan Media Pembelajaran Barcode Scan Berbasis Quick Respon (QR) Code Bagi Calon Tenaga Pendidik Jurusan Pendidikan Kimia

Authors

  • Maysara Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Rudi Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Dahlan Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Fatahu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Wa Ode Mulyana Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Nada Shofa Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muh. Akbar Yaqub Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Quick Respon (QR), media pembelajaran, calon tenaga pendidik

Abstract

Penerapan media pembelajaran Barcode Scan berbasis QR Code merupakan salah satu indikator yang dapat merujuk pada keberhasilan kegiatan pembelajan berbasis media. QR Code adalah image dua dimensi yang mepresentasekan suatu data berbentuk teks. QR Code bebas untuk menghasilkan dan mengakses data dengan cepat dan dapat dibaca dengan  smartphone. Penerapan Media Pembelajaran Barcode Scan Berbasis Quick Respon (QR) Code Bagi Calon Tenaga Pendidik Jurusan Pendidikan Kimia bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kecakapan calom tenaga pendidik untuk mendukung kegiatan belajar berbasis multimedia pembelajaran berbasis barcode scan berbasis Quick Respon (QR). Sasaran pengabdian adalah Mahasiswa tingkat akhir sebagai calon tenaga pendidik yang berasal dari Jurusan Pendidikan Kimia. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan berbagai metode mulai dari survei/observasi, koordinasi bersama mitra, demonstrasi/unjuk kerja dan pendampingan secara langsung kepada peserta workshop pada proses pengoperasian barcode scan berbasis Quick Respon (QR) oleh anggota tim pelaksana pengabdian. Hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa peserta mengalami peningkatan dalam penguasaan media digital untuk menerapkan media pembelajaran menggunakan aplikasi berbasis QR Code pada materi pelajaran Kimia. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa 85% peserta lolos persyaratan yang ditentukan memalui bukti penyetoran tugas kepada fasilitator sehingga mendapatkan sertifikat keikutsertaan dan dapat menjadi kader/pelatih bagi rekan calon tenaga pendidik lainnya. Hasil kegiatan pelaksanaan telah diterbitkan melalui media online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AJSII. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. (M. Parlindungan, Sapto, & Anggoro, Ed.). Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Aribowo, E. K. (2015). Quizlet: Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia (hal. 31–38). Surakarta.

Irina Yu, Rassokhina, Anna V. Pryakhina, Maria E. Kudryavtseva. (2023). Mentoring in Education Using Digital Tools. Communication Strategies in Digital Society Seminar (ComSDS). https://doi.org/10.1109/10130425

Kim Phuong Nguyen, Ayd'n Ken Luke, Yutong Cheng, Aditya John, Kwang M Cham (2022). The Limited Level of Digital Skills and Competencies of Optometry Students. Journal of Information Technology Education: Research Volume 21 pp. 097-114 https://doi.org/10.28945/4929

Koh, J. H. L., Chai, C. S., Benjamin, W., & Hong, H.-Y. (2015). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) and Design Thinking: A Framework to Support ICT Lesson Design for 21st Century Learning. Asia-Pacific Education Researcher, 24(3), 535–543.

Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2011), 486–490.

Las, P., Prácticas, B., & Tic, C. O. N. (2017). Technological Pedagogical Content, 11(3), 203– 229.

Lee, S.-S., Hung, D., & Teh, L. W. (2014). Toward 21st Century Learning: An Analysis of Top Performing Asian Education Systems’ Reforms. Asia-Pacific Edu Res, 23(4), 779–781.

Makaramani, R. (2015). 21st Century Learning Design for a Telecollaboration Project. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 622–627.

Mardina, R. (2011). Potensi Digital Natives dalam Representasi Literasi Informasi Multimedia Berbasis WEB di Perguruan Tinggi. Jurnal Pustakawan Indonesia, 11(1), 5–15.

Margarida Lucas, Pedro Bem-haja, Sandra Santos, Hugo Figueiredo, Marta Ferreira Dias, Marlene Amorim. (2022). Digital proficiency: Sorting real gaps from myths among higher education students. First published. https://doi.org/10.1111/bjet.13220

Microsoft. (2017). Office 365 for Education. Diambil 7 Desember 2017, dari https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office/default.aspx

Skosyreva, N. D., Vasyukova, M. V., & Gefner, O. V. (2022). Influence Of Digitalization On Expectations And Real Prospects Of Students And Employers. In D. S. Nardin, O. V. Stepanova, & E. V. Demchuk (Eds.), Land Economy and Rural Studies Essentials, vol 124. European Proceedings of Social and Behavioural Sciences (pp. 226-235). European Publisher. https://doi.org/10.15405/epsbs.2022.02.28

Tzavaras, P., & Davalas, A. (2022). Mentoring and Coaching in The Digital Era and How Has Been Affected by Covid-19. Future of Business Administration, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.33422/fba.v1i2.280

Yáñez, C., Okada, A., & Palau, R. (2015). New learning scenarios for the 21 st century related to Education, Culture and Technology. Special Issue RUSC. Universities and Knowledge Society Journal, 12(2), 87–102.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Maysara, Rudi, L., Dahlan, Fatahu, Mulyana, W. O., Shofa, N., & Yaqub , M. A. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran Barcode Scan Berbasis Quick Respon (QR) Code Bagi Calon Tenaga Pendidik Jurusan Pendidikan Kimia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 3(1), 7–13. Retrieved from https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/44