Penguatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis TIK dengan Metode Coaching Clinic di SMAN 11 Kendari
DOI:
https://doi.org/10.33772/japimas.v2i2.41Keywords:
Penguatan, Coaching ClinicAbstract
Penelitian ini berjudul Penguatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis TIK dengan Metode Coaching Clinic di SMAN 11 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang system bahan ajar berbasis teknologi terutama memanfaatkan android masih berada pada kategori rendah dengan tahapan darurat yang dicirikan oleh pemanfaatan TIK pada tahap permulaan. Pelaksanaan program kemitraan masyarakat (PKM) ini dilakukan melalui pendampingan secara bermitra dan berkolaborasi antara Tim kemitraan masyarakat yaitu dosen Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo (UHO) dengan guru-guru di SMA Negeri 11 Kendari. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SMAN 11 Kendari yang diikuti oleh 15 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan menambah wawasan guru-guru SMAN 11 Kendari memanfaatkan virtual laboratory berbasis powerpoint. Aplikasi virtual lab ini akan sangat bermanfaat bagi guru di era 4.0 yang segala jenis kegiatannya memanfaatkan teknologi terlebih di dunia pendidikan. Dengan pelatihan pembuatan bahan ajar ini bermanfaat agar guru-guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dengan bahan ajar tersebut.
Downloads
References
Abdin, A., Kasman, K., Safiuddin, A., & Rusman, L. (2023). Utilization of Microsoft Power Point Applications as Physics Learning Media Interactive On Diode Material. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(1), 63-75. doi:https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i1.6605
Agustina, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMAN 3 Ogan Komering Ulu. Jurnal Educative, 3(1)
Aftiani, R. Y., Khairinal, K., & Suratno, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458-470.
Sadjati, & Malati, I. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.
Seso, M. A., Laksana, D. N. L., & Dua, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(4), 177-185. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16546
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuniarti, F., Dewi, P., & Susanti, R. (2012). Pengembangan virtual laboratory sebagai media pembelajaran berbasis komputer pada materi pembiakan virus. Journal of Biology Education, 1(1). 86-94. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.371
Zulkarnain, A., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-modul teori atom mekanika kuantum berbasis web dengan pendekatan saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 222-235.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 La Tahang, Nilawati Ute, Syarifuddin, Naim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.