Peningkatan pemahaman ilmu faro’id melalui pembelajaran matematika pada Santri Rumah Tahfidz Abdullaah Bin Mas’ud Kendari

Authors

  • Al Jalali Muhammad Universitas Halu Oleo
  • Ida Usman Universitas Halu Oleo
  • La Agusu Universitas Halu Oleo
  • La Aba Universitas Halu Oleo
  • I Nyoman Sudiana Universitas Halu Oleo
  • Yumna Wati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/japimas.v1i1.4

Keywords:

Faro'id, matematika dasar, matrikulasi

Abstract

Pembelajaran ilmu faroidh merupakan salah satu bidang ilmu yang berada dalam kurikulum di pondok-pondok pesantren. Ilmu ini sangat penting karena mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Ilmu faroidh membahas tentang masalah warisan dan ahli waris. Dalam pelaksanaannya, ilmu faroidh akan lebih mudah dipahami oleh santri yang memiliki pemahaman matematika dasar yang baik. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian ini, difokuskan pada peningkatan pemahaman matematika dasar  santri Pondok tahfidz Abdullah Bin Mas’ud. Fokus materi diarahkan pada pemahaman operasi penjumlahan dan pengurangan dilanjutkan dengan pemahaman operasi perkalian dan pembagian. Metode yang diterapkan adalah metode ceramah.  Para santri sangat antusias dalam pembelajaran ini dikarenakan merangsang kemampuan berpikir. Peningkatan pemahaman diperlihatkan oleh santri. Dari beberapa santri yang tidak memahami operasi penjumlahan dan pengurangan menunjukkan peningkatan pengetahuan dalam operasi tersebut. Begitupun dengan operasi perkalian dan pembagian. Beberapa santri yang tidak memahami operasi perkalian dan pembagian mengalami peningkatan mulai dari kemampuan menghafal perkalian dan menerapkan operasi perkalian dan pembagian. Pada pembelajaran juga diterapkan umpan balik sehingga dapat menguji pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barakah, A., (2015). Munasakhat; Metode Praktis Dalam Pembagian Harta Waris. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Volume 1, Nomor 2, Desember 2015: ISSN 2443-2741.

Basri, S. (2020). Hukum Waris Islam (Fara’id) dan Penerapannya dalam Masyarakat Islam. Jurnal Kepastian Hukum dan Keadilan. Vol. 1, No. 1, P-ISSN: 2721-0545, E-ISSN: 2722-360.

Darmawiyah, (2017). Strategi Pembelajaran Fiqih Mawaris Pada Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Aloh Gadeng Dan Dayah Terpadu Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada Di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. 17. No. 2, p. 245-263.

Muhammad, A. (2020). Pengaruh Matrikulasi Matematika Dasar Terhadap Peningkatan Kemampuan Matematika Dasar Pada Mahasiswa Baru Jurusan Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika. Vol. 6, No. 2, p-ISSN 2502-386 e-ISSN 2715-551X. DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v6i2.16992

Nurdin, (2020). Penerapan Aplikasi At-Tashil Pada Materi Al-Mawaris Pada Balai Diklat Keagamaan Aceh Tahun 2020. Jurnal MUDARRISUNA. Vol 10. No. 3. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i3.7693

Wantaka, A., Rosyid, A., Habibullah, E., S. (2019). Pembagian Warisan Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Adat Jawa (Studi Komparasi). ProsA AS : Prosiding Al Hidayah Ahwal Asy-Syakhshiyah Vol. 01 No. 1, Januari 2019 E-ISSN: 2654-378X P-ISSN: 2654-582X

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Al Jalali Muhammad, Usman, I., Agusu, L., Aba, L., Sudiana, I. N., & Wati, Y. (2022). Peningkatan pemahaman ilmu faro’id melalui pembelajaran matematika pada Santri Rumah Tahfidz Abdullaah Bin Mas’ud Kendari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 1(1), 16–18. https://doi.org/10.33772/japimas.v1i1.4