Teknik Pemasaran Produk Ternak Itik Berbasis Android Oleh Kelompok Ternak Kaseiseha di Kelurahan Punggolaka Kecamatan Puuwatu Kota Kendari

Authors

  • Musram Abadi Fakultas Peternakan Univesitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Ode Nafiu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Deki Zulkarnain Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Surahmanto Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Asma Bio Kimestri Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Teknik Pemasaran, Android, Ternak Itik

Abstract

Kota Kendari merupakan kawasan yang ditetapkan sebagai kawasan pusat kegiatan nasional (PKN) yang berorientasi pada kegiatan pariwisata, pemberdayaan sumber daya manusia (perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan) dalam bentuk perdagangan dengan tujuan meningkatkan pengembangan produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Peningkatan produksi di Kota Kendari menjadikan sektor peternakan sebagai salah satu bidang yang mempunyai peluang besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun disisi lain terdapat permasalahan yang menjadi penyebab utama rendahnya harga jual ditingkat peternakan, salah satunya adalah peternakan itik yang berada pada garis distribusi peternak itik. Selain pendistribusian kepada masyarakat secara langsung, peternak seharusnya bisa melihat peluang ke perusahaan-perusahaan besar atau lembaga-lembaga terkait yang bisa membantu pendistribusian produk ke pasar yang lebih besar sehingga pendapatan serta keuntungan bisa ikut meningkat. Disisi lain pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pemasaran hasil peternakan merupakan hal yang paling utama dalam memacu peningkatan penjualan yang tidak terlepas dari metode atau teknik yang akan diterapkan. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok Usaha Ternak Kaseiseha yaitu masih rendahnya pengetahuan peternak itik tentang teknik pemasaran produk (daging dan telur) berbasis online, sehingga solusi yang ditawarkan melalui program kemitraan masyarakat internal (PKM-I) ini yaitu melakukan pelatihan tentang teknik pemasaran (daging dan telur) berbasis android (online), selanjutnya pendampingan teknis pembuatan akun marketplace facebook dan akun marketplace shopee, serta pembuatan halaman utama akun facebook shopee kelompok mitra. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan UMKM menghadapi era digital harus memiliki gerakan pemberdayaan melalui kegiatan e-commerce yang diharapkan dapat membantu pelaku UMKM menuju digitalisasi yaitu merangkul pelaku usaha mikro yang memiliki pengetahuan terbatas, akses internet yang belum merata dan memberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran dapat memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, M., Fitrianingsih, A., Sulfitrana, A. B.,&Kimestri. (2022). Marketing strategy for Android-based cowhide chips at the Suka Mandiri Business Group, Kendari City. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(3), 652-661.

Abadi, M., Hadini, H. A., Sani, L. O. A., Nafiu, L. O., Rizal, A., &Ginting, N. M. (2023). Analisis kelayakan finansial usaha peternak kambing di Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara.Jurnal Peternakan Lokal, 5(2), 1-10.

Abadi, M., Nafiu, L. O., & Karim, J. (2019). Pemetaan potensi sumberdaya lahan hijauan pakan ternak sapi bali di Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis, 6(1), 124–137.

Adi, H. P., Pujianto, A., Zukhruf, A. A., Octaviano, B., Rhamadhan, B. F., Falah, F., Azmia, G. R. N., Istighfah, J. M. N., Wanti, N. R., & Agustina, R. D. (2023). Strategi pemasaran mengenai promosi dan packaging pada UMKM. Community Empowerment Journal, 1(4), 178-184.

Afied, M.Z., I. Zuhroh, dan S.B.C Yuli. (2019). Analisis Pendapatan Usaha Ternak Itik Petelur di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE). 3(4): 635-649

Andanawari, S., P Hartati., dan Suharti. (2021). Analisis Pendapatan Usaha Ternak Itik Petelur (Studi Kasus di Desa Kedungsari dan Desa Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang). Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian. 18 (31), 18-24.

Anwar, N., S. P. Utama, dan Reswita. (2015). Efisiensi Usaha Pembibitan Itik Modern dan Tradisional pada Skala Rumah Tangga di Kabupaten Lebong. Jurnal AGRISEP. 14 (1), 26-38.

Badan Pusat Statistik. (2022). Kota Kendari Dalam Angka 2023.Badan Pusat Statistik Kota Kendari.

Badan Pusat Statistik. (2022). Produksi Daging Menurut Jenis Unggas (KG) 2016-2020.Badan Pusat Stastik Kota Kendari.

Badan Pusat Statistik. (2022). Produksi Telur Unggas Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Ternak di Provinsi Sulawesi Tenggara (Kg) 2021.

Fuadi, Debi S., Ade S, A., & Iip S. (2021). Systematic review: strategi pemberdayaan pelaku UMKM menuju ekonomi digital melalui aksi sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah,5(1), 1–13.

Habib, Akbar, & Megawati, S. (2021). Local layer duck livestock business development strategy in the Desa Pematang Johar Deli Serdang.Journal of Agribusiness Sciences, 4(1), 21–28.

Hadini, H. A., Abadi, M., & Agustina, I. (2023). Analisis pemasaran ayam broiler di Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Agribisnis Peternakan (Stap), 10, 111-118.

Pakage, S.(2013). Analisis pendapatan peternak kambing di Kota Malang. Jurnal Ilmu Peternakan, 3(2).

Pratama, G. (2020). Analisis transaksi jual beli online melalui website marketplace shopee menurut konsep bisnis di masa pandemic covid 19.Ecopreneur: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 21–34.

Sani, L. O. A. (2010). Curahan tenaga kerja keluarga transmigran dan lokal pada pemeliharaan sapi potong di Kabupaten Konawe Selatan. Buletin peternakan. 34(3), 194-201.

Sani, L. O. A., Munadi, L. M., Abadi, M., Alfiansyah, Pagala, M. A., & Sandiah, N. (2021). Produktivitas tenaga kerja keluarga pada usaha sapi bali terintegrasi perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Wiwirano Kabupaten Konawe Utara, 10(1), 23-30.

Susanto, Ajib, Sari, C. A., Rachmawanto, E. H., &Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi facebook marketplace untuk produk UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran dan penjualan online.Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42-51.

Utami, &Panuntun, D. (2020). Pengenalan digital marketing dalam pemasaran produk pertanian untuk petani milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Pertanian, (1), 25–32.

Wijoyo, Hadion, & Haudi, H. (2021). Penyuluhan Teknik pemasaran kerupuk rasa jengkol ‘dong dong snack’ Pekanbaru.Prosiding Senantias: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, (1), 643–50.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Abadi, M., Nafiu, L. O., Zulkarnain, D., Surahmanto, & Kimestri, A. B. (2023). Teknik Pemasaran Produk Ternak Itik Berbasis Android Oleh Kelompok Ternak Kaseiseha di Kelurahan Punggolaka Kecamatan Puuwatu Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 2(2), 93–99. Retrieved from https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/38