Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 Melalui Pelatihan Pembuatan Paket Media Pembelajaran Online

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33772/japimas.v2i1.25

Keywords:

media pembelajaran, e-learning, pembelajaran berbasis web, pandemi COVID-19

Abstract

Media pembelajaran yang mendukung pembelajaran online  sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada masa pandemi COVID-19,  sehingga dipandang perlu untuk melakukan pelatihan pembuatan paket media pembelajaran  kepada guru di sekolah-sekolah yang tersebar di berbagai Kabupaten/Kota di provinsi Sulawesi Tenggara.  Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan merupakan program dari kegiatan pengabdian yang diintegrasikan dengan KKN Tematik yang melibatkan mahasiswa dan dilakukan pada bulan Juni hingga September 2020. Tahapan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang dilakukan adalah: (a) melakukan pengembangan silabus berkelanjutan, menyusun RPP serta memilah mata pelajaran IPA-Fisika yang relevan, (b) memberikan pelatihan kepada mahasiswa peserta KKN mengenai proses pembuatan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran berbasis Web, dan (c) melakukan monitoring transfer pengetahuan dari mahasiswa peserta KKN kepada guru mitra. Proses pendampingan dan monitoring juga dilakukan untuk memastikan guru mengimplementasikan media pembelajaran yang telah dibuatnya dalam pembelajaran di kelas. Hasil dari kegiatan yang diracang selama satu semester diperoleh (a) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru mengenai pembuatan media pembelajaran online, (b) tersedianya paket pembelajaran online yang dibuat oleh guru, (c) diterapkannya proses belajar online oleh guru di kelas dengan menggunakan media pembelajaran yang telah dibuatnya selama kegiatan pelatihan, dan (d) meningkatnya kualitas pembelajaran di kelas yang memanfaatkan paket media pembelajaran online oleh guru mitra. Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan ini sangat bermanfaat dan merupakan salah satu upaya menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran dari rumah selama lockdown di masa pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosliana Eso, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Fisika

Mardiana Napirah, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Fisika

La Ode Safiuddin, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Universitas Halu oleo

Arman, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Matematika 

Tahir, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Matematika

Sitti Kasmiati, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Geografi

La Harudu, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Geografi

References

Abdin, Safiuddin, A., & Kasman. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Form berbasis Online sebagai Alat Tes Tertulis Belajar Fisika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v6i1.15408

Asdar, N. F., Arisona, & Eso, R. (2020). Penerapan Blended Learning dengan Whatsapp untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Kelistrikan di SMK Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(3), 265–270. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v5i3.14085

Hasyim, A., & Hayati, N. A. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 297–303. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.555

Indari, I., La Fua, J., Raehang, R., Ilham, M., & Agus, I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 92 Kendari. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 31. https://doi.org/10.31332/dy.v2i2.3087

Isa, L., Septiana, I., Asmin, L. O., Halmuniati, & Rahmatia. (2022). Efektifiitas Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Fisika Selama Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(1), 53–59. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v7i1.23667

Lusiani. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Taruna Teknika pada Materi Mekanika Terapan dalam Sistem Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(3), 257–264. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v6i3.19406

Napirah, M., Tahang, L., Naim, Syarifuddin, & Abdin. (2022). Pelatihan Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Microsoft Powerpoint Bagi Guru SMA. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.40

Ratnawati, H., & Sulisworo, D. (2021). Efektivitas E-Learning Berbasis LMS Google Classroom Dengan Strategi Discovery Learning Materi Fluida Statis SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(2), 137–145. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v6i2.17162

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Ute, N., Abdin, Naim, & Kasman. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Channel Youtube di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(4), 279–288. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v6i4.21783

Wulandari, I., Selamet, K., & Suardana, I. N. (2022). Analisis Pengelolaan E-Learning pada Pembelajaran IPA Di MTsN Karangasem Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 20–31. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.45677

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Eso, R., Napirah, M., Safiuddin, L. O., Arman, Tahir, Kasmiati, S., & Harudu, L. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 Melalui Pelatihan Pembuatan Paket Media Pembelajaran Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 2(1), 42–48. https://doi.org/10.33772/japimas.v2i1.25