Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMAN 1 Tiworo Tengah

Authors

  • Luh Sukariasih Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Sahara Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Syarifuddin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Tahang Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Ode Nursalam Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Flip Pdf Profesional, E-book

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi yang juga merambas dalam dunia pendidikan, mengisyaratkan bahwa seorang dosen/guru harus menggunakan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Salah satunya pembuatan bahan ajar elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada guru-guru dalam membuat bahan ajar elektronik menggunakan aplikasi flip pdf professional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tiworo Tengah dengan jumlah guru 17 orang yang ikut dalam pelatihan. Penelitian ini dilakukan dengan metode workshop dengan penyajian 30% teori dan 70% praktik Hasil penelitian menunjukkan bahwa 38% guru yang ikut pelatihan tidak pernah membuat bahan ajar elektronik dan 50% tidak mengenal aplikasi flip pdf professional. Sehingga begitu diadakannya pelatihan mereka sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan sampai dan melakukan praktek membuat bahan ajar elektronik menggunakan aplikasi flip pdf professional. Mereka menyatakan pelatihan ini telah memberikan pengetahuan tambahan dalam membuat bahan ajar elektronik dan tentang aplikasi flip pdf professional. Setelah melakukan pelatihan mereka bisa membuat bahan ajar elektronik yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Luh Sukariasih, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

La Sahara, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

Syarifuddin, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

La Tahang, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

La Ode Nursalam, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Geografi

References

Agustina, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMAN 3 Ogan Komering Ulu. Jurnal Educative, 3(1), 16-29. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.563

Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, (1), 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Rindaryati, N. (2021). E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 192. https://doi.org/10.23887/jipp. v5i2.31240

Risdianto, E.(2017). Teknik Membuat Bahan Ajar Sendiri , Bahan Ajar Elektronik dengan Open Sancore, Camtasia Studio, dan Youtube. Bengkulu: Vanda.

Sadjati, & Malati, I. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka

Seso, M. A., Laksana, D. N. L., & Dua, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(4), 177–185. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16546

Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 458-470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Zulkarnain, A., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-Modul Teori Atom Mekanika Kuantum Berbasis WEB dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 222-235. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/8712

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Sukariasih, L., Sahara, L., Syarifuddin, Tahang, L., & Nursalam, L. O. (2023). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMAN 1 Tiworo Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 2(1), 17–22. Retrieved from https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/17