Penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan siswa SDN 3 Sabilambo dalam memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar di masa pandemik covid-19

Authors

  • Arman Universitas Halu Oleo
  • Rosliana Eso Universitas Halu Oleo
  • Tahir Universitas Halu Oleo
  • Husein Universitas Halu Oleo
  • Mardiana Napirah Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiuddin Universitas Halu Oleo
  • La Agusu Universitas Halu Oleo

Keywords:

Pembelajaran STEAM, media lingkungan, SDN 3 Sabilambo

Abstract

Dalam rangka menangani keterbatasan pembelajaran di sekolah dasar dalam masa pandemi COVID-19, maka dipandang perlu untuk menggunakan metode pembelajaran yang sesuai guna meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran di kelas. Metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) merupakan metode yang sangat tepat dan efektif dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dirangkaikan dengan aktivitas tatap muka terbatas. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan keterampilan bagi guru-guru SDN 3 Sabilambo dalam menyusun paket pembelajaran STEAM dan menghasilkan panduan Pelaksanaan Pembelajaran STEAM dengan pendekatan saintifik. Setelah media dan perangkat pembelajaran tersebut selesai dibuat, guru-guru menerapkan metode pembelajaran STEAM kepada peserta didiknya. Selanjutnya pre-test dan post-test yang disertai uji T berpasangan menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel, yaitu 12,71095 > 2,09302, yang berarti bahwa perlakuan berupa pembelajaran STEAM memberikan pengaruh yang signifikan, yaitu dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., Alfahnum, M., & Setyowati, L. (2021). Increasing Creative Thinking of Students by Learning Organization with STEAM Education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 103–110. https://doi.org/10.15294/jpii. v10i1.27146

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019

Kemdikbud. (2021). STEAM: Pendekatan Pembelajaran Guna Mengembangkan Keterampilan Abad 21. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/steam-pendekatan-pembelajaran-guna-mengembangkan-keterampilan-abad-21/#:~:text=Pembelajaran berbasis STEAM adalah sebuah,(STEAM) untuk mengatasi masalah.

Lathan, J. (2022). Why STEAM is so Important to 21st Century Education. https://onlinedegrees.sandiego.edu/steam-education-in-schools/

Mardlotillah, A. N., Suhartono, & Dimyati. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADI’IN JAGALEMPENI. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7(2), 157–167. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v7i2.17280

Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y.-. (2020). IMPLEMENTASI STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1). https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Nasrah, Amir, R. H., & Purwanti, R. Y. (2021). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) PADA SISWA KELAS IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13.

Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). PEMBELAJARAN STEAM DI SEKOLAH DASAR : IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388

Sari, S., Nurdianti, D., & Maulana, B. (2022). Telaah Pengintegrasian STEAM pada Model Problem Based Learning Terhadap Adversity Quotient Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika XV, 5, 598–605.

Suriyana, S., & Novianti, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) terhadap Hasil Belajar pada Meteri Dimensi Tiga SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1199

Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E. E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R., & Syamsuddin, M. M. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855

Downloads

Published

2022-08-17

How to Cite

Arman, Eso, R., Tahir, Husein, Napirah, M., Safiuddin, L. O., & Agusu, L. (2022). Penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan siswa SDN 3 Sabilambo dalam memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar di masa pandemik covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 1(1), 10–15. Retrieved from https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/1