Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite Bagi Calon Guru Fisika SMK

Authors

  • Luh Sukariasih Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Erniwati Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Wa Ode Nirwana Sari Halidun Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Asrun Safiuddin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Abdin Universitas Halu Oleo, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-1298-7909
  • Rini Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hasviani Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, iSpring Suite

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan dan pengetahuan calon guru fisika SMK dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring Suite; 2) meningkatan keterampilan calon guru fisika SMK untuk membuat materi pembelajaran yang interaktif berbasis iSpring Suite. Pendekatan pembelajaran merupakan titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran yang sifatnya umum, mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran. Sehingga pendekatan pembelajaran dengan alat bantu berupa media pembelajaran sangat perlu untuk pelaksanaan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif dan memotivasi peserta didik. Guru memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan dari suatu proses pembelajaran. Ditemukan bahwa masih banyak guru menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan minimnya penggunaan media dan sumber belajar yang inovatif. Hal ini dapat menimbulkan kebosanan dan kurangnya minat peserta didik dalam menerima pelajaran karena hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Adapun solusi dari masalah tersebut adalah dengan melaksanakan metode pembelajaran yang inovatif. iSpring Suite merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan sebagai multimedia e-learning tidak hanya menyajikan presentase flash tetapi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang interaktif. Hal ini dikarenakan, perangkat iSpring Suite dapat menyisipkan berbagai jenis media diantaranya animasi, gambar, video, serta quiz. Dengan demikian, penyampaian materi menggunakan media ini dapat lebih mudah dipahami dan lebih menarik bagi peserta didik, sehingga dapat menumbuhkembangkan minat peserta didik. Berdasarkan permasalahan di atas maka sangat diperlukan untuk melaksanakan pelatihan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring Suite bagi calon guru SMK agar dapat mengahasilkan materi – materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh guru dan peserta didik sehinggaa menumbuhkembangkan minat peserta didik untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdin, Hunaidah., Sukariasih, L., Takda, A., & Sahara, L. (2020). Technology of Physics Learning Media Based on Software Macromedia Flash to Enhance Problem Solving Capability in Passive Electronics Topics. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 9(5), 470-477. doi:10.35940/ijitee.D1376.039520

Agustin, Mubiar. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran Panduan untuk Guru, Konselor, Psikologi, Orang Tua, dan Tenaga Kependidikan. Bandung : PT. Refika Aditama.

Andik P., Resty S. (2013). Pembelajaran fisika dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam menumbuhkan kemampuan berfikir logis siswa di SMA Negeri 8 Bengkulu. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/view/745

Asmaradhana, G. C., & Churiyah, M. (2021). Meningkatkan hasil belajar dan kemandirian peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis ispring suite 9. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP), 1(3), 251-262. Retrieved from https://journal3.um.ac.id/index.php/fe/article/view/667

Athiya Luthfia Rihani., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur: Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 123-131. https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.7702

Diana Fallo, Rosalinda Mbena. (2023). Media Pembelajaran Interaktif dengan Media Ispring 9 Pada Mapel Matematika. Jurnal Pendidikan, 11(1), 46-54. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3120

Fadillah, A., Bilda, W., Saleh, H., & Yenni, Y. (2021). Design of Interactive Learning Media in The Covid-19 Pandemic Time Using Ispring. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v5i1.3260

Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan aplikasi android dengan cepat menggunakan ispring untuk menunjang pembelajaran secara daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66-72. Retrieved from https://vektor.uinkhas.ac.id/index.php/vtr/article/view/8

Noer, J., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2017). Penggunaan program ispring 7.0 dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23267

Nurjanah, N., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Ispring Suite Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 126-134. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4672

Nur'aini, K. D., Suryani, D. R., & Natsir, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Berbantuan Ispring Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di SMP Yapis Merauke. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 327-334. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.103

Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan pembuatan media evaluasi dengan menggunakan ispring di sma wisuda kota pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 24-33. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1194

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sakdiah, H., Lukman, I. R., & Muliani, M. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ispring Suite Dan Smart Apps Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Sd Di Lhokseumawe Pada Era New Normal. Jurnal Vokasi, 6(2), 120-126. http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i2.3053

Sari, D. P., Purba, H. S., & Saputra, N. A. B. (2022). Penggunaan iSpring: Media Interaktif Online untuk Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/MTs. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1551-1558. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6112

Satrakususmah, E.N., Suherman, U., Darmawan., Jamilah. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif berbantuan Aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 462-485. https://doi.org10.31980/tp.v3il.164.g179.

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan media interaktif berbasis ispring materi sistem pencernaan manusia kelas v di sdn ciptomulyo 3 kota malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85-94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Sukariasih, L., Erniwati, Nirwana Sari Halidun, W. O., Safiuddin, A., Abdin, Rini, & Hasviani. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite Bagi Calon Guru Fisika SMK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 2(2), 76–81. Retrieved from http://japimas.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/42